LANGKAH MENYUSUN BERKAS SERDOS : DESKRIPSI DIRI 4 (BAGIAN 6)

D. Peningkatan Kualitas Kegiatan Mahasiswa (perubahan pengelolaan, implementasi kebijakan, dan dukungan institusi).
Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan kemahasiswaan, bagaimana implementasinya dan dukungan institusi Sdr! Berikan contoh nyata keterlibatan Saudara dalam kehidupan profesional sebagai dosen.
Deskripsi.
Meskipun saya sudah tidak menjadi dosen wali mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembanguan (terakhir tada tahun 2004), namun saya masih tetap akrab dengan mahasiswa. Beberapa mahasiswa sering saya ajak untuk membantu penelitian saya sebagai tenaga lapangan dan juga terlibat sebagai tenaga lapangan untuk penelitian yang dijalankan oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pengalaman saya dalam bidang penelitian dan penulisan artikel ilmiah di berbagai jurnal maupun media massa, dan sikap saya yang akrab dan terbuka membuat mahasiswa sering konsultasi kepada saya khususnya masalah metode penelitian maupun pengolahan data untuk penyusunan skripsi, baik secara langsung bertatap muka maupun melalui e-mail. Sampai saat ini mahasiswa yang konsultasi ke saya tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Ekonomi tetapi juga mahasiswa dari fakultas lain. Terkait dengan pengembangan kualitas mahasiswa dalam bidang penulisan artikel, saya pernah menjadi pemateri dalam : 1) Pendidikan dan Latihan Jurnalistik BEM Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada tahun 2004; 2) Pelatihan Peneliti Muda Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada tahun 2007; dan 3) Pelatihan Penulisan Ilmiah Mahasiswa BEM Universitas Muhammadiyah Ponorogo pada tahun 2008.

Untuk menumbuhkembangkan kegiatan mahasiswa dalam bidang penulis artikel, pada tahun 2004 saya pernah menyampaikan usulan kepada Rektor pada acara koordinasi dengan lembaga-lembaga di Universitas Muhammadiyah Ponorogo untuk memberikan insentif bagi mahasiswa yang artikelnya berhasil dimuat di media massa. Alasan saya pada saat itu, selain untuk menumbuhkembangkan kegiatan penulisan artikel sekaligus sebagai media promosi dan publikasi terkait aktivitas mahasiswa Universitas Muhamamdiyah Ponorogo. Usulan tersebut mendapatkan tanggapan yang positif dan langsung Rektor memerintahkan bagian Penerimaan Mahasiswa Baru untuk merancang anggaran untuk insentif bagi mahasiswa yang tulisannya dimuat di media massa dan sampai saat ini program insentif tersebut masih berjalan dengan lancar, meskipun mahasiswa menulis artikel masih sebatas di koran lokal.


E. Peningkatan Pengabdian kepada Masyarakat (kegiatan dan implementasi perubahan, serta dukungan masyarakat).
Jelaskan upaya-upaya keterlibatan Saudara dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, bagaimana implementasi, dan dukungan masyarakat! Berikan contoh nyata keterlibatan Saudara dalam kehidupan profesional sebagai dosen.
Deskripsi.
Keterlibatan saya dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat telah dimulai dari tahun 1997 sampai dengan sekarang. Jenis kegiatan pengabdian pada masyarakat yang telah saya lakukan sebagaimana terangkum dalam tabel sebagai berikut :


Keterlibatan saya dalam kegiatan pengabdian pada masyarakat tersebut di atas mendapatkan sambutan yang positif baik oleh pihak pemerintahan kecamatan dan atau pemerintahan desa lokasi program maupun pihak masyarakat secara langsung penerima program. Adanya sambutan positif dan dampak pelaksanaan program tersebut, saya laporkan kepada pihak pimpinan Universitas Muhammadiyah Ponorogo dan ditindaklajuti dengan menerjunkan mahasiswa di beberapa lokasi tersebut baik dalam bentuk bakti sosial, kuliah kerja lapangan, kuliah kerja nyata, maupun sebagai desa binaan Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Sedangkan dari pihak pemberi program, sampai saat ini masih memberikan respon positif dan kepercayaan terhadap keterlibatan saya dalam program pengabdian pada masyarakat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan masih diberikannya kepercayaan kepada saya untuk tetap terlibat secara aktif dalam program pengabdian pada masyarakat, dan khususnya pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Ponorogo sampai saat ini tetap mempercayakan berbagai program (penelitian dan pengabdian pada masyarakat) untuk dilaksanakan oleh dosen-dosen di Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

  ©REYOG CITY. Template by Dicas Blogger.

TOPO