LANGKAH MENYUSUN BERKAS SERDOS : DESKRIPSI DIRI 6 (BAGIAN 8)

G. Etos kerja (semangat, target kerja, disiplin, ketangguhan).
Jelaskan etos kerja yang meliputi semangat, target kerja, disiplin, dan ketangguhan Saudara menghadapi masalah! Berikan contoh nyata yang Saudara lakukan/alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!.
Deskripsi.
Saya dalam menjalankan tugas sebagai dosen dan menjabat sebagai Sekretaris LPPM penuh semangat dan bekerja dengan tepat waktu. Dalam hal mengajar saya selalu membuat kesepakatan dengan mahasiswa tentang jam masuk kuliah dan beberapa aturan yang disepakati bersama, sehingga dalam masuk kuliah hampir selalu tetap waktu dan jika saya tidak masuk kuliah karena ada kepentingan saya selalu memberitahu mahasiswa dan memberikan tugas untuk dikerjakan secara individu atau kelompok, sedangkan materi biasanya sudah saya cantumkan di blog saya atau jika belum dapat dicari di perpustakaan. Sedangkan untuk jabatan sebagai sekretaris, saya selalu mengupayakan masuk kerja tepat lagi dan biasanya untuk pagi saya gunakan untuk mencari berbagai informasi terkait penelitian dan pengabdian pada masyarakat, baik di websitenya Ditjen Dikti Depdiknas, DP2M Ditjen Dikti Depdiknas, Ditnaga Depdiknas, Kelembagaan Depdiknas, LIPPI, Ristek, Kopertis dan Kopertais, Departemen Agama dan lain-lain. Itu semua saya lakukan agar Universitas Muhammadiyah Ponorogo tidak ketinggalan informasi dan dapat masuk ke berbagai peluang yang ada. Sebagaimana hal ketepatan masuk kerja, untuk jam pulang saya selalu tepat waktu, atau bahkan sering melakukan lembur jika ada pekerjaan yang belum selesai.


Sebagai contoh ketika saya menjabatsebagai Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan saya bersama teman dosen jurusan melakukan lembur sampai malam di kampus untuk menyiapkan birang akreditasi jurusan. Demikian juga pada waktu jadi sekretaris LPPM saya juga sering lembur sampai malam untuk menyelesaikan tugas di LPPM, antara lain ketika menyiapkan pengiriman proposal penelitian dan pengabdian DP2M Ditjen Dikti, membuat proposal kerjasama dengan berbagai pihak, maupun menyelesaikan laporan akhir suatu program. Sebagai suatu lembaga dimana ketua dan sekretaris diangkat oleh Rektor, maka tiap tahun LPPM selalu melaporkan perkembangan dan rencana kerja untuk tahun yang akan datang untuk tiap tahunnya. Meskipun tidak secara resmi diminta oleh Rektor dan lembaga lain tidak menyampaikan laporan tahunan, namum Ketua dan saya percaya akan ada manfaatkan untuk menilai prestasi kerja dan kejelasan program yang akan datang.


H. Integritas Diri (kejujuran, keteguhan pada prinsip, konsistensi, tanggung jawab dan keteladanan).
Jelaskan integritas Saudara dalam kaitannya dengan kejujuran, keteguhan prinsip, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan yang dapat ditunjukkan di lingkungan Saudara! Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!.
Deskripsi.
Sebagai seorang dosen dan sekaligus menjabat sebagai Sekretaris LPPM, saya selalu menekankan masalah kejujuran, keteguhan, konsistensi, tanggung jawab, dan keteladanan. Sebagai seorang dosen, saya dalam menyampaikan kuliah maupun pemberian nilai mahasiswa saya lakukan dengan jujur, tanggung jawab, dan konsistensi terhadap kesepakan yang telah dibuat pada awal perkuliahan. Selain itu, terkait ketepatan masuk kuliah dan teknik menyelesaikan masalah (soal-soal) merupakan upaya memberikan keteladanan kepada mahasiswa agar mereka disiplin dan mampu menyelesaiakan soal secara sistematis. Selain itu dalam kaitannya tugas membuat makalah, hal saya tekankan kepada mahasiswa adalah untuk selalu menghargai karya orang lain dengan jalan mencantumkan setiap sumber kutipan yang ada di makalah tersebut. Karya ilmiah yang sudah saya hasilkan, misalnya dalam bentuk laporan penelitian, karya ilmiah yang dimuat di jurnal ilmiah maupun karya ilmiah yang dimuat di media massa, merupakan karya hasil penelitian maupun kajian ilmu yang saya tulis dengan apa adanya tanpa harus saya rubah data atau informasinya. Oleh sebab itu, saya selalu siap dan berani mempertanggungjawabkan karya itu, baik melalui seminar maupun diwawancarai oleh media elektronik (radio) yang ada di Ponorogo.


I. Keterbukaan terhadap kritik, saran, dan pendapat orang lain (penyikapan, penerimaan).
Bagaimana Saudara menyikapi kritik, saran dan pendapat orang lain? Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!.
Deskripsi.
Dalam proses pembelajaran maupun menjelang UAS saya selalu memberikan kebebasan mahasiswa untuk melakukan kritik, sarang, dan pendapat mereka secara tertulis. Semua itu saya terima dengan senang hati karena akan menunjukkan kepada saya tentang yang sudah saya lakukan dan masih memerlukan perbaikan. Selain itu, tulisan atau artikel saya yang telah dimuat di jurnal imiah atau di media massa sering saya tunjukkan kepada teman dosen untuk memberikan kritik maupun saran. Demikian juga dengan buku Statistika Deskriptif dan Statistika Induktif, sebelum saya tawarkan ke penerbit, saya sudah mengkopikan kepada mahasiswa dan teman dosen untuk mengkritisi. Bagi saya kritik, saran, dan pendapat orang lain merupakan masukan yang sangat berharga untuk perbaikan diri saya di masa akan datang.


J. Peran sosial (kemampuan kerja sama, kemampuan komunikasi).
Bagaimana kemampuan Saudara dalam menjalin kerjasama dan berkomunikasi dengan teman sejawat, staf administrasi, atasan, mahasiswa, dan masyarakat? Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!.
Deskripsi.
Dalam hal kerjasama, saya tidak pernah memilih-milih teman dan saya selalu dapat bekerja sama dengan semua orang. Berbagai penelitian yang saya hasilkan selalu berganti personel yang terlibat kerja sama dengan saya. Bahkan saya dapat bekerja sama dengan mahasiswa, yaitu mahasiswa saya libatkan dalam penelitian. Dalam hal komunikasi, saya tidak ada hambatan dan hamper setiap forum yang saya ikuti saya selalu dapat menyampaikan pemikiran dan gagasan saya. Kemampuan saya menyampaikan gagasan dan pemikiran tersebut, maka saya sampai saat ini masih terpilih sebagai anggota senat Fakultas Ekonomi dan sekaligus Senat Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Adanya kemampuan bekerja sama dan komunikasi tersebut, maka saya dipercaya sebagai Konsultan Teknik Kecamatan (KTK) untuk Anti Poverty Program (APP) di Ponorogo untuk Tahun 2008 dan 2009. Sebagai KTK APP, pada tahun 2008 saya membawahi 3 orang Pendamping Kelompok Masyarakat dengan wilayah kerja sebanyak 6 desa dan tahun 2009 membawahi 2 orang Pendamping Kelompok Masyarakat dengan wilayah kerja sebanyak 5 desa.


K. Orisinalitas (kreativitas dan inovasi).
Jelaskan kemampuan Saudara dalam menemukan dan menerjemahkan ide-ide baru untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dalam berbagai aspek pekerjaan Saudara! Berikan contoh nyata yang Saudara alami dalam kehidupan profesional sebagai dosen!.
Deskripsi.
Kreativitas dan inovasi keilmuan saya tuangkan dalam bentuk penelitian maupun berbagai tulisan ilmiah saya yang dimuat di jurnal ilmiah maupun media massa. Berbagai penelitian maupun tulisan ilmiah yang saya hasilkan tersebut merupakan hasil pengamatan saya terhadap fenomena yang ada di sekitar saya. Adanya ide-ide baru yang kreatif tersebut, membuat beberapa proposal yang saya tulis dapat disetujui dan didanai oleh DP2M Ditjen Dikti Depdiknas, dan beberapa tulisan dalam bentuk artikel ilmiah dari hasil penelitian yang saya lakukan juga dapat diterima dan diterbitkan di berbagai jurnal ilmiah terakreditasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

  ©REYOG CITY. Template by Dicas Blogger.

TOPO