ANALISIS REGRESI DAN KORELASI (Materi VIII : Analisis Regresi dan Korelasi Sederhana)

Pengertian : Analisis regresi merupakan salah satu analisis yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Dalam analisis regresi, variabel yang mempengaruhi disebut Independent Variable (variabel bebas) dan variabel yang dipengaruhi disebut Dependent Variable (variabel terikat). Jika dalam persamaan regresi hanya terdapat satu variabel bebas dan satu variabel terikat, maka disebut sebagai persamaan regresi sederhana, sedangkan jika variabel bebasnya lebih dari satu, maka disebut sebagai persamaan regresi berganda.

Analisis Korelasi merupakan suatu analisis untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antara dua variabel. Tingkat hubungan tersebut dapat dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu mempunyai hubungan positif, mempunyai hubungan negatif dan tidak mempunyai hubungan.
Analisis Regresi Sederhana : digunakan untuk mengetahui pengaruh dari variabel bebas terhadap variabel terikat atau dengan kata lain untuk mengetahui seberapa jauh perubahan variabel bebas dalam mempengaruhi variabel terikat. Dalam analisis regresi sederhana, pengaruh satu variabel bebas terhadap variabel terikat dapat dibuat persamaan sebagai berikut : Y = a + b X. Keterangan : Y : Variabel terikat (Dependent Variable); X : Variabel bebas (Independent Variable); a : Konstanta; dan b : Koefisien Regresi. Untuk mencari persamaan garis regresi dapat digunakan berbagai pendekatan (rumus), sehingga nilai konstanta (a) dan nilai koefisien regresi (b) dapat dicari dengan metode sebagai berikut :
a = [(ΣY . ΣX2) – (ΣX . ΣXY)] / [(N . ΣX2) – (ΣX)2] atau a = (ΣY/N) – b (ΣX/N)
b = [N(ΣXY) – (ΣX . ΣY)] / [(N . ΣX2) – (ΣX)2]

Contoh :
Berdasarkan hasil pengambilan sampel secara acak tentang pengaruh lamanya belajar (X) terhadap nilai ujian (Y) adalah sebagai berikut :

(nilai ujian)

X (lama belajar)

X 2

XY

40

4

16

160

60

6

36

360

50

7

49

350

70

10

100

700

90

13

169

1.170

ΣY = 310

ΣX = 40

ΣX2 = 370

ΣXY = 2.740

Dengan menggunakan rumus di atas, nilai a dan b akan diperoleh sebagai berikut :
a = [(ΣY . ΣX2) – (ΣX . ΣXY)] / [(N . ΣX2) – (ΣX)2]
a = [(310 . 370) – (40 . 2.740)] / [(5 . 370) – 402] = 20,4

b = [N(ΣXY) – (ΣX . ΣY)] / [(N . ΣX2) – (ΣX)2]
b = [(5 . 2.740) – (40 . 310] / [(5 . 370) – 402] = 5,4

Sehingga persamaan regresi sederhana adalah Y = 20,4 + 5,2 X
Berdasarkan hasil penghitungan dan persamaan regresi sederhana tersebut di atas, maka dapat diketahui bahwa : 1) Lamanya belajar mempunyai pengaruh positif (koefisien regresi (b) = 5,2) terhadap nilai ujian, artinya jika semakin lama dalam belajar maka akan semakin baik atau tinggi nilai ujiannya; 2) Nilai konstanta adalah sebesar 20,4, artinya jika tidak belajar atau lama belajar sama dengan nol, maka nilai ujian adalah sebesar 20,4 dengan asumsi variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi dianggap tetap.
Analisis Korelasi (r) : digunakan untuk mengukur tinggi redahnya derajat hubungan antar variabel yang diteliti. Tinggi rendahnya derajat keeratan tersebut dapat dilihat dari koefisien korelasinya. Koefisien korelasi yang mendekati angka + 1 berarti terjadi hubungan positif yang erat, bila mendekati angka – 1 berarti terjadi hubungan negatif yang erat. Sedangkan koefisien korelasi mendekati angka 0 (nol) berarti hubungan kedua variabel adalah lemah atau tidak erat. Dengan demikian nilai koefisien korelasi adalah – 1 ≤ r ≤ + 1. Untuk koefisien korelasi sama dengan – 1 atau + 1 berarti hubungan kedua variabel adalah sangat erat atau sangat sempurna dan hal ini sangat jarang terjadi dalam data riil. Untuk mencari nilai koefisen korelasi (r) dapat digunakan rumus sebagai berikut : r = [(N . ΣXY) – (ΣX . ΣY)] / √{[(N . ΣX2) – (ΣX)2] . [(N . ΣY2) – (ΣY)2]}

Contoh :
Sampel yang diambil secara acak dari 5 mahasiswa, didapat data nilai Statistik dan Matematika sebagai berikut :

Sampel

X (statistik)

Y (matematika)

XY

X2

Y2

1

2

3

6

4

9

2

5

4

20

25

16

3

3

4

12

9

16

4

7

8

56

49

64

5

8

9

72

64

81

Jumlah

25

28

166

151

186

r = [(N . ΣXY) – (ΣX . ΣY)] / √{[(N . ΣX2) – (ΣX)2] . [(N . ΣY2) – (ΣY)2]}
r = [(5 . 166) – (25 . 28) / √{[(5 . 151) – (25)2] . [(5 . 186) – (28)2]} = 0,94

Nilai koefisien korelasi sebesar 0,94 atau 94 % menggambarkan bahwa antara nilai statistik dan matematika mempunyai hubungan positif dan hubungannya erat, yaitu jika mahasiswa mempunyai nilai statistiknya baik maka nilai matematikanya juga akan baik dan sebaliknya jika nilai statistik jelek maka nilai matematikanya juga jelek.


80 komentar:

  1. Ada ga nilai koefisien atau efisiensi lebih dari 100% ? Mengapa?

    BalasHapus
  2. pa tolong saya minta rumus mencari koefisien regresi ganda untuk variabel yang lebih dari 3

    BalasHapus
  3. To Wahyudin, mohon maaf sepengetahuan saya jika dalam regresi linier berganda yang sudah tersedia rumus untuk mendapatkan konstanta dan koefisien regresinya hanya sampai 3 variabel (Y, X1, dan X2). Kalau lebih dari dua variabel independennya (misalnya Y, X1, X2, X3) untuk mendapatkan nilai a, b1, b2, dan b3 dikerjakan dengan menggunakan matrik dan saya belum menemukan rumus, apalagi jika variabel independennya lebih dari 3. Mengapa tidak dinyatakan saja : Analisis regresi linier berganda diolah dengan menggunakan SPSS.

    BalasHapus
  4. Mohon agak terperinci, yang dimaksud koefisien apa dan efisiensi apa? Terima kasih

    BalasHapus
  5. Pak,saya menguji 2 variabel. analisis regresi ini berhub dgn uji linearitas kan? nah jika data saya tidak linear, asumsinya brrti tdk ada hub donk?.
    klo sudah bgni apa harus dilinearkan,,atokah cukup smpe d uji linearitas aja dan tak usah uji anareg(jika memang anareg harus linear?)
    mohon penjelasannya Pak :)
    trimakasih,,

    BalasHapus
  6. To Anonim, kalau tidak linier ya persamaan yang diajukan harus bukan linier, misalnya dianalisis dengan regresi logistic. Selamat mencoba, terima kasih.

    BalasHapus
  7. pak kalo begini gimana caranya?
    Zona Jumlah Penduduk sampel Waktu perjalanan Biaya Perjalanan
    1 488965 31 157 16048
    2 813481 41 298 22817
    3 860644 44 284 21670
    4 809840 30 167 19646
    5 1005207 47 394 23276
    6 926912 67 331 24328
    7 1121780 40 308 24112

    umr = 407000/bulan 26 hari dengan 8 jam kerja/hari
    Pengunjung Tiap Minggu 7303 orang
    Jumlah Minggu 52

    cara mencari koefisien regeresi dari soal diatas gimana pak?

    BalasHapus
  8. Mohon maaf, biar terperinci variabelnya (dependen dan independen) mohon dikirim ke email saya: ssantoso_0219@yahoo.co.id

    BalasHapus
  9. Tlong di jabarkan untuk mendpakn rumus analisa regresi yg mnggunakan mariks....

    BalasHapus
  10. cHo tross, maaf kalau disini panjang banget untuk penjelasan matrik, coba baca buku ekonometrika karangan Damodar Gujarati, atau karangan Iman Ghozali, Insya Allah mudah dimengerti

    BalasHapus
  11. pak terima kasih,, info ttg analisis regresi dan korelasi sangat membantu skripsi saya.

    BalasHapus
  12. numpang tanya,
    kalo fungsi pendekatan regresi sudah didapatkan, hal2 apa yg harus diperiksa untuk mengetahui bahwa fungsi regresi itu cocok dg data dan bisa diterima?
    saat ini yg saya tau cuma MSE saja.
    trima kasih

    BalasHapus
  13. untuk mengetahui fungsi regresi cocok dengan data, sebelumnya jika memakai kuesioner harus diuji dahulu validitas, reliabilitas, dan normalitas. Setelah itu hipotesis diuji dengan uji T dan uji F, serta R kuadrat. Trus Ditambah dengan uji asumsi klasik

    BalasHapus
  14. Numpang tanya pak.
    kasusnya adalah regresi linear ganda. sumber data veriabel bebas 1 dan 2 dari nilai raport, sedangkan variabel terikatnya dari hasil tes. apakah cara pengambilan data itu sudah cukup tepat? terus yang diinginkan adalah melihat pengaruh dari kedua variabel bebas tersebut terhadap variabel terikat, analisis apa yang lebih tepat untuk itu? apakah cukup dengan uji t saja, atau seperti cara yang bapak paparkan di atas, diperoleh fungsi regresinya, kemudian dicari koefisien korelasinya??
    mohon pencerahannya pak.
    terimakasih

    BalasHapus
  15. Kalau untuk mengetahui pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat digunakan Analisis Regresi, Untuk uji hipotesis yang diajukan digunakan uji T (parsial) uji F (serempak) dan biasanya juga dengan melihat Koefisien determinasi atau R kuadrat

    BalasHapus
  16. saya mahasiswa tingkat akhir yang sedang menyusun skripsi. judul skripsi saya : PENGARUH CUSTOMER SERVICE TERHADAP BRAND EQUITY TELKOM SPEEDY sekarang skripsi saya sudah sampai teknik analisis data. saya bingung mau pake rumus apa. kemarin saya bimbingan mengajukan rumus anava, method successive interval, dan path analysis. tapi tiga-tiganya tidak disetujui. saya disuruh pake rumus analisis regresi. saya bingung analisis regersi itu apa yaa? analisis regresi apa yang tepat untuk penelitian saya? minta referensi dan pencerahannya yaa. terima kasih. ini email saya: yudhi222@yahoo.com. balas via email aja yaa. terima kasih

    BalasHapus
  17. Kok Anonim?? Menurut aku sebaiknya memakai Analisis Regresi, yaitu untuk mengetahui pengaruh variabel independen (variabel costomer service) terhadap variabel dependen (variabel brand equity). Tapi variabel independennya harus diperinci. Masalah rumus dan cara pengolahannya baca tulisan aku di blog ini, materi analisis regresi berganda atau Program SPSS. Kalau kurang jelas bisa kirim email: ssantoso_0219@yahoo.co.id

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, bagaimana kok sampai terjadi demikian. Ketika mau meneliti kan harus dipertimbangkan definisi operasional variabel atau identifikasi variabel, jadi sejak awal sudah harus bisa merancang cara menghitung atau mendapatkan nilai variabel tersebut. Coba baca jurnal atau penelitian orang lain yang membahas cara menghitung variabel dimaksud

      Hapus
    2. pertanyaan sebelumnya
      "salam,
      jika variabel bebas atau x-nya tidak bisa dihitung gimana ya?

      misalkan:
      pengaruh penggunaan media abcd (X) terhadap terhadap pemahaman siswa mengenai efgh (Y)
      untuk itu bagaimana ya solusinya biar tetap bisa menggunakan analisis data regresi?

      soalnya variabel media (X) kan tidak bisa dihitung..sejauh itu sih cara berfikir logika saya..
      padahalkan tujuan analisis regresi adalah untuk mengetahui seberapa jauh peningkatan tertentu dari suatu hubungan. tetapi perhitungan nya sendiri yang masih belum saya pahami..karena diluar logika saya..sangat berterimakasih bila membantu..

      ---mohon dibalas ya---
      ----terimakasih------"

      saya pernah membaca penelitian yang kontennya tidak jauh berbeda, tetapi dalam penelitian tersebut hanya mengukur dari skor gain-nya saja..

      menurut Bapak gimana ya teknik analisis data untuk mengukur peningkatan pemahaman siswa mengenai "yyy" melalui media "xxx"?

      sebelumnya terimakasih sudah dibalas.
      saya senang sekali blog ini begitu interaktif.

      Hapus
    3. Langkahnya, pertama definisi variabelnya apa (coba liat teori atau jurnal yang terkait), kedua kaji dahulu apakah variabel tersebut bisa di turunkan menjadi sub-variabel, trus menjadi sub-sub variabel sampai berhenti tidak dapat diturunkan lagi, ketiga baru setelah itu dibuat daftar pertanyaan untuk mendapatkan nilai dari variabel tersebut (dapat menggunakan metode skor.
      Kalau masalah teknik analisis data tergantung tujuan penelitian, kalau mau menguji perbedaan pemahaman dapat menggunakan uji beda atau uji chi-square, kalau mau penguji pengaruh menggunakan metode regresi.

      Hapus
    4. asalamualaikum pak gmn cara kita menentukan variabel tersebut diturunkan menjadi sub-sub variabel? ohya pak klo skripsinya tentang hubungan pengaruh penerapan CAL terhadap hasil belajar siswa rumus apa yang sebaiknya digunakan pak? klo metode yang dipakai waktu penelitian adalah metode angket dengan tes gmn cara kita mengkur hubungan tersebut pak? terusgimana cara kita untuk mendapatkan nilai dari kedua metode tersebut pak?
      -mohon dibalas ya pak-
      terima kasih sebelumnya ^_^...

      Hapus
    5. asalamalaikum pak gimana cara kita menurunkan variabel tersebut menjadi sub-sub variabel?pak saya mau tanya klo judul skrpsi saya tentang pengaruh hubungan penerapan CAL terhadap hasil belajar geografi rumus yang harus saya guanakan rumus apa pak? gimana cara kita mendapatkan nilai dari veriabel jika kita menggunakan metode angket dan tes pak? gimana cara pengukuran kalo kedua variabel tersebut memiliki hubungan pak?

      -mohon bapak berkenan membalas ya pak-
      .... makasi sebelumnya ya pak....^_^

      Hapus
    6. Kirim lewat E-mail saja, biar lebih jelas

      Hapus
  19. oh..
    memang siy judul skripsi saya mengenai pengaruh..apakah meningkat atau tidak..
    tpi sygnya blm bisa menggunkn regresi..
    atw sayanya yg mngkn blm paham..

    ohya,
    "dibuat daftar pertanyaan untuk mendapatkan nilai dari variabel tersebut (dapat menggunakan metode skor"
    mksd dari klimat brikut di atas, gmn yh Pak,..mengenai metode skor??

    --terimakasih--
    -sudah membantu :D-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelajari cara membuat kuesioner, khususnya dengan metode skor (pilihan jawaban sdh disediakan dan bisa diskor)
      Mengapa tidak dgn analisis regresi, trus cara mengetahui pengaruhnya meningkat atau tidak dari mana??
      Kirim e-mail saja : ssantoso_0219@yahoo.co.id

      Hapus
  20. pak kalo untuk menghitung pengaruh penggunaan media audio visual dalam meningkatkan kemampuan mengingat siswa terhadap materi science itu memakai uji T atau uji F pak? makasi banyak sebelumnya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam Analisis Regresi, Uji T untuk menguji secara parsial (menguji pengaruh masing-masing variabel independen thd variabel dependen) dan Uji F untuk menguji secara serempat (menguji pengaruh variabel independen secara keseluruhan thd variabel dependen). Bagaimana dengan peneltian saudara???

      Hapus
  21. pak mohon petunjuk,, saya mempunyai tugas disuruh oleh dosen untuk membuat proposal penelitian tentang pendidikan fisika dengan uji analisis korelasi regresi berganda. kira-kira judul proposal sama penelitian yang tepat apa ya pak??, terus variabelnya apa aja??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting untuk analisis regresi atau korelasi harus mempunyai minimal 2 variabel yang akan dicari hubungan atau pengaruhnya. Kalau judulnya mohon maaf bukan bidang saya, jadi belum bisa kasih masukan. Mungkin, metode pembelajarannya dikaitkan dengan daya tangkap siswa atau nilai siswa

      Hapus
  22. Terima kasih!
    Artikel nya sangat membantu, penjelasan nya mudah dimengerti & enak pas dibaca.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih udah berkunjung... Semoga bermanfaat

      Hapus
  23. pak cara menghitung uji signifikasi koefisien regresi dan korelasi gimana?rumus-rumusnya pak? tanpa SPSS
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan kunjungi http://ssantoso.umpo.ac.id/?p=104

      Hapus
  24. pak saya mau tanya, saya ini menganalisis dua variable. nah maksud saya ingin membuktikan seberapa jauh pengaruh A terhadap B. hasil yang ingin saya capai adalah semakin besar A semakin kecil B. apakah rumus ini bisa dipakai di permasalahan saya?

    BalasHapus
  25. terimakasih pak bermanfaat banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung... semoga bermanfaat

      Hapus
  26. Syallom..

    Saya sedang menulis skripsi dan skrg ini mengalami kesulitan krn sy belum mengerti mengenai metode satistik,uji t independen. Apa bedanya uji t independen dengan analisis regresi maupun korelasi, jika ada perbedaan, metode yg mana yg pertama digunakan..
    trima kasih.

    BalasHapus
  27. To Syallom, Analisis Regresi itu untuk analisis untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap dependen. Didalam analisis regresi terdapat uji hipotesis, yaitu uji partial (uji T) dan uji serempak (uji F)

    BalasHapus
  28. Bapak Selamet Santoso, saya mohon penyelesaian latihan soal Korelasi. Saya telah kirimkan ke e-mail Bapak, apa saya bisa dibantu agar mengerti?
    Trims

    BalasHapus
  29. pak, kalau judul seperti ini"hubungan antara kepadatan dengan stres dan perilaku prososial..." ini menggunakan korelasi apa pak?mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca saja buku ekonometrika, Insya Allah banyak penjelasannya di situ

      Hapus
  30. pak, klo judul skripsi saya "hubungan kepadatan dengan stres dan perilaku prososial..." ini korelasinya pake apa ya pak? mohon bantuannya pak makasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menggunakan korelasi berganda, yaitu korelasi kepadatan dengan stress dan kepadatan dengan perilaku

      Hapus
  31. jadi hubungan analisis regresi dan analisis korelasi ap pak..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. regresi untuk mengetahui pengaruh variabel independen thd variabel dependen. korelasi untuk mengetahui kuat tidaknya hubungan antara dua variabel

      Hapus
  32. selamat malam pak.
    artikelnya bagus pak..

    oya pak saya mau taya ni, saya lagi buat skripsi ni pak. judul@" pengaruh pelatihan dan pengembangan karyawan terhadap produktivitas hotel x" kira2 metode yang tepat yang mudah untuk digunakan apa y pak. dan apabila data yang saya pakai hanya data kuisioner bisa gak pak??

    mohon bantuannya y pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengarah pada analisis regresi berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh dr variabel independen (pelatihan dan pengembangan karyawan) thd variabel dependen (produktivitas). Teknik penggalian datanya menggunakan kuesioner

      Hapus
  33. Artikelnya sangat membantu
    Saya mau nanya untuk analisis korelasi uji yang dilakukan apakah cukup uji normalitas dan linieritas saja? Dan pada uji korelasi apakah bisa menghitung uji t dan uji F? Selain itu bagaimana menentukan variabel kontrol ya pak? Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau uji korelasi cukup hanya membandingkan nilai korelasi dengan tabel. Kalau Analisis Regresi selain Uji T dan Uji T juga dibutuhkan Uji normalitas dan Linieritas. Untuk Variabel Kontrol, baca buku metode penelitian atau metode pegolahan data penelitian

      Hapus
  34. Maaf pk mau tanya.
    metode untuk menganalisa perilaku konsumen dalam memilih tempat belanja di minimarket dan toko kelontong itu apa ya?
    variabel dependentnya Y1=Toko, Y2= MInimarket. variabel independet X1=Harga, X2=Lokasi, X3=pelayanan, X4= Keragaman barang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya lebh mudah menggunakan analisis uji beda atau dengan chi square

      Hapus
  35. selamat malam pak slamet,
    artikel bapak sangat membantu,

    begini pak saya mau tanya, saya lagi buat skripsi dengan judul HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN INSENTIF DENGAN MOTIVASI KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN pak. Teknik analisis apa saja yang tepat dan mudah untuk digunakan ya pak ?

    mohon bantuannya y pak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari kalimat judul tersebut, memakai analisis korelasi, tetapi juga bisa memakai analisis regresi (pengaruh)

      Hapus
  36. Selamat Siang pak,
    saya ingin bertanya, jika Variabel Terikat (Y) lebih dari 1 dan Variabel Bebas (X1,X2,X3,X4,X5)lebih dari 1 dengan variabel bebas Tetap/Sama
    seperti ini;
    PMA (Y1) terhadap X1,X2,X3,X4,X5
    PMDN (Y2) terhadap X1,X2,X3,X4,X5

    Ket:
    Y1 = PMA
    Y2 = PMDN

    X1 = PDRB
    X2 = UMP
    X3 = NTR
    X4 = INF
    X5 = SI-RATE

    Menggunakan alat analisis/uji,desain,lengkapnya seperti apa untuk kasus seperti ini dengan mengolah data dari SPSS? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masukan sementara, alat analisisnya dengan analisis regresi berganda, dimana untuk variabel dependen (Y) menggunakan dummy. Tolong dipelajari buku ekonometrika untuk materi variabel dummy.
      Selamat mencoba, semoga sukses

      Hapus
  37. selamat siang pak santoso, saya mo nanya...
    saya ingin mengetahui pengaruh faktor lingkungan(suhu,kelembaban, pH) tanah terhadap keanekaragaman fauna tanah. Apakah bisa menggunakan korelasi tanpa spss?rumusnya apa? trus di uji pakai uji apa? terima kasih infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dgn analisis korelasi dan ujinya ya uji korelasi to

      Hapus
  38. Selamat malam Pak Slamet,

    Pak, saya tdk paham dgn statistik ttpi saya dihadapkan dgn pekerjaan yg berhubungan dgn statistik. Permasalahan saya, bagaimana analisis untuk variabel independen (X)satu tetapi variabel dependen (Y)lebih dari satu spt penelitian berikut PENGARUH METODE BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR. Apakah hasil belajar dpt dinotasikan sbg (Y1)dan motivasi belajar sbg (Y2)? Yg saya temukan didalamnya menggunakan analisis regresi ganda dan juga tdpt analisis korelasi. Saya cukup bingung dgn hal ini shgg bila Bapak tdk keberatan saya kirimkan melalui email Bapak. Terima kasih.

    BalasHapus
  39. selamat malam pak,
    saya sedang mengerjakan tugas akhir saya yang berjudul "HUBUNGAN ANTARA PEMBERIAN KOMPENSASI DENGAN MOTIVASI KERJA DAN LOYALITAS KARYAWAN" dan untuk teknik analisis data saya menggunakan ANALISIS KORELASI BERGANDA, apakah saya perlu menggunakan KOEFISIEN DETERMINASI (berganda/sederhana) ? dan UJI (F/T) TEST ?
    Trima kasih pak

    BalasHapus
  40. selamat malam pak
    saya ingin tanya kalau judul skripsi menggunaka metode regresi sederhana yang bagus judulnya apa...
    mohon saran dan bantunya pak...
    by@ghifar.... thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya bingung ngasih masukannya
      bidang ilmunya apa, yang ditekuni apa, udah punya tema apa dll
      kirim ke email aku aja

      Hapus
    2. bidang ilmu matematika murni pak...
      tp ilmu yg saya tekuni metode regres sederhana pak...
      pak nama emailnya apa?...
      thanks...

      Hapus
  41. slmt malam pak...
    saya sedang mengerjakan skripsi dan pengetahuan statistik saya agak terbatas..saya ada kendala dalam 2 hal utama ini pak..

    1. saya ingin mencari tingkat korelasi antar matakuliah pak ..

    misalkan matakuliahnya 1.statistik, 2.metode numerik, 3.kalkulus, 4.pemograman java, 5.pemograman VB. 6. HTML 7.Basis Data web.

    uji korelasi tipe apa yg harus saya pakai pak untuk mendapatkan korelasi satu sama lainnya?

    inputan saya adalah nilai masing2 mhs dalam 1 angkatan..

    2. setelah mendapatkan korelasi antar matakuliahnya, bagaimana saya memisahkan matakuliah yg sejenis untuk dikelompokkan menjadi 1kelompok baru pak? misalkan dengan cth diatas, saya ingin menglompokkan matakuliah 1,2,3 menjadi 1 bagian..mata kuliah 4 dan 5 menjadi satu bagian, dan matakuliah 6,7 menjadi 1 bagian..

    bantuan dari bapak akan sangat membantu, thanks..
    ferry_equitez@yahoo.co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. kirim ke email saya saja biar lebih jelas, termasuk proposal peneitiannya.
      email : ssantoso_0219@yahoo.co.id

      Hapus
  42. Permisi pak, saya punya aplikasi android yang berisi kumpulan rumus statistik deskriptif dan kalkulator nya (regresi korelasi) juga ada. .
    silakan dicoba

    http://sleepingtux.blogspot.com/2013/12/aplikasi-android-buku-saku-statistik.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. OK terima kasih informasinya...
      Pasti akan bermanfaat semua pihak.... Sip OK banget

      Hapus
  43. selamat pagi pak, saya ingin bertanya, saya sedang menyusun skripsi. penelitian saya variabel bebasnya ada 1 (X1) dan variabel terikatnya ada 2 (Y1 dan Y2). Jadi saya harus menggunakan analisis apa? dan menggunakan metode penelitian apa? kalau uji hipotesis pakai apa pak? terima kasih pak

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung tujuan penelitiannya bagaimana dan itu terkait juga dnegan hipotesis penelitian, bisa memakai analisis regresi, anava atau korelasi... mohon lebih jelas

      Hapus
  44. aslm..mas saya mau tanya..kalau variabel independent nya tidak ada yg berpengaruh ke variabel dependent itu gimana mas..variabel indepent nya ada 4.apakah gpp mas.ngak berpengaruh semua?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebelum memutuskan, tolong dikaji ulang apa benar memakai variabel tersebut dan apakah ada referensi atau penelitian pendukung. dan juga identifikasi variabelnya apakah sudah benar

      Hapus
  45. malam bos, saya punya contoh soal kaya gini.. berapa nilai Y jika X = 25,
    kalo dari pengetahuan saya kayak gini, misalkan nilai y = 3,0 + 0,6 (25) = 3,6 x 25 = 90.. bener gk nih.. mohon pencerahannya...

    BalasHapus
  46. pak, saya mau tanya, klo tentang keaktifan siswa itu pakek metode uji apa yaa????

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf tidak jelas tema penelitiannya apa

      Hapus
  47. ass. pak sy kirim email k alamat email bpk, mohon blsnnya ya pak. trmksh ^^

    BalasHapus

DAFTAR PENGIKUT BLOG

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Nopember 2011

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Nopember 2011

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

  ©REYOG CITY. Template by Dicas Blogger.

TOPO