METERI VIII : UJI VALIDITAS

Masukkan semua data mentah ke dalam pada Data View dan untuk memberi nama masing-masing variabel Klik Variable View. Untuk Name : p1 adalah pertanyaan 1, p2 adalah pertanyaan 2, p3 adalah pertanyaan 3, nilai X1 merupakan penjumlahan dari skor pertanyaan 1 sampai 3, dan seterusnya. Untuk Label : diisi dengan inti dari pertanyaan yang diajukan dan nama variabel. Untuk Values : Klik pojok kanan (...) maka akan tampil kotak Value Labels.

Pada kotak Value Labels : Value diisi 1, Value Label diisi Sangat tidak berpengaruh, lalu Klik Add. Dilanjutkan Value diisi 2, Value Label diisi Tidak berpengaruh, lalu Klik Add. Value diisi 3, Value Label diisi Ragu-ragu, lalu Klik Add. Value diisi 4, Value Label diisi Berpengaruh, lalu Klik Add. Value diisi 5, Value Label diisi Sangat berpengaruh, lalu Klik Add, dan Klik OK, maka akan tampil SPSS Data Editor sebagai berikut :
Setelah selesai klik Data View. Untuk melakukan Uji Validitas item pertanyaan Variabel X1 adalah dengan langkah : klik Analiyze, pilih Correlate, dan klik Bivariate.
Setelah tampil kotak Bivariate Correlations, masukkan item pertanyaan dan variabel yang akan diuji ke dalam kotak Variables dengan jalan blok Harga yang Ditawarkan (p1), Harga Jual Kembali (p2), Harga Accessories/Suku Cadang (p3), dan Harga (X1), kemudian klik tanda panah dan setelah itu klik OK.
Berdasarkan data tersebut pada tabel tersebut di atas, dengan melihat nilai Pearson Correlation antara pertanyaan Harga yang Ditawarkan (p1) dengan Harga (X1) dan pertanyaan Harga Jual Kembali (p2) dengan Harga (X1) berada pada taraf signifikansi korelasi sebesar 0,01 (lihat tanda bintang), dan antara Harga Accessories/Suku Cadang (p3) dengan Harga (X1) berada pada taraf signifikansi korelasi sebesar 0,05 (lihat tanda bintang), maka dapat dinyatakan bahwa item-item pertanyaan untuk Variabel Harga (X1) dinyatakan valid. Sedangkan untuk menguji Validitas item pertanyaan Variabel X2, Variabel X3, dan Variabel Y sama persis seperti langkah tersebut di atas. Namun yang perlu diingat, ketika masuk pada kotak Bivariate Correlations jika akan menguji Validitas item pertanyaan Variabel X2, sebelum memasukkan item pertanyaan dan Variabel X2 ke dalam Variables terlebih dahulu item pertanyaan dan Variabel X1 dikembalikan dahulu dengan langkah item pertanyaan dan Variabel X1 diblok dan klik tanda panah. Setelah Variables kosong masukkan item pertanyaan dan Variabel X2. Langkah ini juga berlaku untuk menguji Validitas item pertanyaan Variabel X3 dan Variabel Y.

Berdasarkan tabel tersebut di atas, lihat kolom paling kanan, yaitu kolom variabel Mutu (X2), variabel Model (X3), dan variabel Keputusan Pembelian (Y), nilai Pearson Correlation dari setiap item pertanyaan mempunyai tanda bintang semua (bintang dua : signifikan pada 0,01), artinya bahwa setiap item pertanyaan tersebut mempunyai korelasi yang signifikan terhadap pembentukan nilai suatu variabel atau dengan kata lain setiap item pertanyaan tersebut dinyatakan valid (sahih).

10 komentar:

  1. wah makasih bgt nie maz ats penjelasany... ku lagi garap Sanskrit n aga' bigug gitu... tp berkat artikelnya maz sy jd sangat terbantu....
    salam kenal ya maz....

    BalasHapus
  2. saya menggunakan kuisioner skala likert 5 untuk skripsi saya.... apakah uji validitas nya seperti di atas???? truz value labels fungsinya utk apa ya???? sy baca buku analisis Multivariate Imam Ghazali tidak membahas se detail itu...

    BalasHapus
  3. To Ferdys, untuk value label memang tidak terlalu terkait dengan uji validitas, tetapi akan sangat membantu jika dilanjutkan mencari distribusi frekuensi dari masing2 item pertanyaan, karena yang muncul bukan angka 1, 2, 3 dst tetapi maksud dari angka tersebut. Misalnya 1 : sangat berpengaruh, 2 : berpengaruh dst

    BalasHapus
  4. malam pak,
    saya andaro, mau tanya dikit pak
    erkaitan dgn validitas itu saya dapet teori kalo angka korelasi minimal 0.361, baru bisa dikatakan valid .. nah itu liatnya gimana ya pak?

    mksd saya dlm uji pearson itu khan melihat korelasi per item, misal nya saya ada kuesioner dgn 5 pertanyaan (a,b,c,d,e) ..
    hubungan a & b dan a & c nilainya diatas 0.361,
    tapi hubungan a & d dan a & e dibawah 0.361 ..
    nah apakah pertanyaan a dikatakan valid apabila seperti contoh itu?
    terima kasih

    BalasHapus
  5. To Andaro, kalau uji validitas itu masing2 item pertanyaan (misalnya 5 item) dikorelasikan dengan total atau jumlahnya. Misalnya X terdiri dari 5 pertanyaan dan nilai X adalah jumlah dari semua pertanyaan tersebut. Trus dikorelasikan antara item pertanyaan dengan X.

    BalasHapus
  6. Siang Pak,
    dalam analisa path, salah satunya adalah untuk mengetahui pengaruh tidak langsung.apakah ada batasan minimal (angka) dikatakan terdapat pengaruh tidak langsung pak ? apakah bapak mempunyai referensi-nya ?
    terima kasih

    BalasHapus
  7. Coba baca Buku SPSS-nya Imam Ghozali

    BalasHapus
  8. Salam Kenal Mas,,
    Izin Mondar-mandir, sy lbh paham blajar statistik disini drpada baca bukunya.

    BalasHapus
  9. To Mas Eka, terima kasih ata skunjungannya.

    BalasHapus
  10. Sore pak,
    pak bgmna klo misalnya Pearson Correlation utk hrga hasilnya negatif ??
    thanks before
    Gbu

    BalasHapus

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

  ©REYOG CITY. Template by Dicas Blogger.

TOPO