MATERI X : MENGOLAH DAN MENGANALISIS DATA

Berdasarkan hipotesis yang diajukan, yaitu Keputusan Pembelian Laptop Merk “X” (Y) dipengaruhi oleh Variabel Harga (X1), Mutu (X2), dan Model (X3), maka uji hipotesis yang digunakan adalah Uji Hipotesis Parsial (Uji T), Uji Hipotesis Serempak (Uji F), R Square, dan Uji Asumsi Klasik (Uji Autokorelasi, Uji Multikolonearitas, dan Uji Heteroskedastisitas). Untuk mendapatkan nilai yang dibutuhkan untuk Uji T, Uji F, R Square, Uji Autokorelasi, dan Uji Multikolonearitas pengolahan datanya dapat dilakukan secara bersamaan, sedangkan untuk Uji Heteroskedastisitas dilakukan pengolahan data secara tersendiri.
Langkah-langkah untuk mendapatkan nilai yang dibutuhkan untuk Uji T, Uji F, R Square, Uji Autokorelasi, dan Uji Multikolonearitas dengan langkah-langkah : setelah tabulasi data penelitian sudah masuk pada kotak Data View, pilih menu Analyze, pilih sub menu Regression, dan klik Linier. Ketika tampil kotak Linier Regression, klik Keputusan Pembelian (Y), klik tanda panah untuk Dependent. Kemudian klik Harga (X1) klik tanda panah untuk Independent, klik Mutu (X2) klik tanda panah untuk Independent, dan klik Model (X3) klik tanda panah untuk Independent. Setelah semua variabel masuk pada tempatnya, klik Statistic.


Ketika tampil kotak Linier Regression: Statistic, beri tanda centang pada Covariance matrix, Collinearity diagnostics, dan Durbin-Watson, kemudian klik Continue, maka akan kembali ke kotak Linier Regression dan klik OK, maka akan tampil (Catatan : Collinearity Diagnostics dan Residuals Statistics tidak ditampilkan) sebagai berikut :

Berdasarkan hasil pengolahan data analisis regresi linier pada tabel 12 di atas, model regresi linier yang dibentuk adalah : Y = 4,207 – 0,298 X1 + 0,411 X2 + 0,400 X3 + e (lihat pada Coefficients). Model regresi linier tersebut memberikan gambaran bahwa : a) Variabel Harga (X1) mempunyai nilai koefisien regresi sebesar – 0,298 yang berarti Harga mempunyai pengaruh negatif terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merk “X” (Y), yaitu jika terjadi kenaikan harga laptop maka akan mengurangi keputusan pembelian laptop dan sebaliknya jika terjadi penurunan harga maka akan menaikkan keputusan untuk pembelian laptop; b) Variabel Mutu (X2) mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,411 yang berarti Mutu mempunyai pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merk “X” (Y), yaitu jika mutu atau kualitas laptop baik maka akan menaikkan keputusan pembelian laptop dan sebaliknya jika mutu atau kualitasnya jelek maka akan menurunkan keputusan untuk pembelian laptop; c) Variabel Model (X3) mempunyai nilai koefisien regresi sebesar 0,400 yang berarti Model mempunyai pengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Laptop Merk “X” (Y), yaitu jika model laptop baik atau menarik maka akan menaikkan keputusan pembelian laptop dan sebaliknya jika model laptop jelek atau tidak menarik maka akan menurunkan keputusan untuk pembelian laptop; dan d) Konstanta mempunyai nilai 4,207 yang artinya jika variabel X1, X2, dan X3 dalam mempunyai nilai nol atau tidak ada maka keputusan pembelian laptop sebesar 4,207 dan nilai tersebut merupakan pengaruh dari variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi linier atau tergabung dalam Variabel Penggangu (e).


20 komentar:

  1. Assalamualaikum...saya dwina,
    mw bertnya tentang hasil koefisien korelasi R kuadrat. dari hasil penelitian saya, R Square saya hasilnya 0.01, apakah itu baik? soalnya dalam buku referensi saya, jika mendekati 1 makin baik kecocokan data dengan modelnya yaitu regresi. Sedangkan jika semakin mendekati nol, maka semakin jelek model yang terbentu. Apakah hasil R square saya ini buruk pak? kalo iya, bagaimana cara memperbaikinya? trimakasih sebelumnya...

    BalasHapus
  2. To Mbak Dwina, kalau R square 0,01 itu berarti variabel independen pengaruhnya sangat kecil terhadap naik turunnya variabel dependen atau tidak dapat mencocokkan data, karena sumbangan variabel independen hanya 1 persen sedangkan yang 99 persen pengaruh variabel lain yang tidak masuk model.
    Langkah memperbaiki coba dikaji ulang misalnya model yang diajukan apa sudah benar, menggali data dan kuesionernya udah bagis apa belum (valid dan reliabel apa belum), mengolahnya bener atau salah. Jika itu sudah dilalui dengan benar, berarti harus menambah variabel independen dan itu harus penelitian lapangan lagi. Coba datanya dikirim aja ke email aku, siapa tahu aku bisa bantu. Aku tunggu.

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum, saya Hana. Pak, penelitian saya mempunyai sampel 210 untuk populasi di jakarta. sebelumnya saya juga sudah melakukan uji validitas dan reabilitas, tapi ternyata hasil R squarenya hanya 0.12. Bagaimana ya pak memperbaikinya? Apa harus menyebar ulang kuisioner? Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf belum bisa memberi masukan, karena tidak terinci, tolong kirim ke email saya yang lebih rinci, misalnya judul, daerah penelitian, populasi, sampel, alat analisis yang digunakan.
      Saya tunggu

      Hapus
  4. assalamu'alaikum, saya iin. pak saya mau nanya, nilai R square yang saya dapat sebesar 0,066 dan durbin watson nya 2,419..untuk memperbaiki DW nya saya sudah coba dgn run test dan itu bgs hasilnya. tapi untuk R square, saya tidak mengerti bagaimana cara memperbaikinya pak..mohon bantuannya pak..judul skripsi saya "analisis pengaruh GDP,CPI,nilai tukar, harga emas dan harga minyak terhadap return saham LQ 45". jumlah observasinya 60, data bulanan, metode yang digunakan ARIMA dan regresi berganda..untuk variabel y nya menggunakan ARIMA lalu hasilnya dihubungkan dengan variabel x nya dengan regresi berganda..makasih ya pak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setahu saya agar nilai R square besar ditambah datanya atau ditambah variabelnya. Artinya jika datanya sudah sedemikian nilai R square ga bisa diubah menjadi lebih baik

      Hapus
  5. assalamualaikum, saya eka. pak saya mau nanya, nilai r square yang saya dapat cuma 23%, bagaimana cara untuk menaikkan nilai r square yaa pak. apakah jika nilai r square nya hanya 23% sudah bagus. judul penelitian saya pengaruh iklan dan atribut produk terhadap keputusan pembelian motor suzuki di jakarta selatan. populasi nya 100 orang. sampelnya menggunakan aksidental sampling. analisis yg digunakan regresi berganda.terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kliatannya mengambil variabel independennya kurang pas atau kurang banyak (hanya 2 variabel independen)... Variabel Harga, Selera, Harga Produk Lain dll... Masih banyak yang bisa diteliti

      Hapus
  6. assalamu 'alaikum, sya retno. pak sya mau nany, seperti permaaslahan di ats. r square sya hanya 5% bagaimna menaikkan?sedangkan data sya data keuangan selama 5 tahun dengan 4 variabel independen dengan purposive sampling dan metode regresi berganda. terima kasih.

    BalasHapus
  7. Salam pak. Sama seperti kasus di atas. Nilai R square saya kecil. Jadi saya punya sampel 23 perusahaan selama 12 tahun dengan 5 variabel. Apa yg dapat saya lakukan agar R square saya mencapai lebih sari 50%?? Mohon bantuannya.

    BalasHapus
  8. Siang Pak Slamet, saya Amalya. Saya mau tanya. Saya sedang mengerjakan skripsi dengan variabel penelitian bebas 4 variabel, 2 kontrol variabel dan terikat 1 variabel. Sampel 36 perusahaan unbalanced panel data selama 6 tahun, jadi ada 171 data setelah mengeluarkan data outlier. Ketika saya uji asumsi klasik, semua data saya lolos semua uji. Namun ketika uji hipotesis, nilai adjusted r square saya justru sangat kecil, hanya 25%. Sedangkan jurnal-jurnal acuan saya dengan variabel penelitian yang sama (hanya beda di variabel terikatnya saja) punya hasil nilai adj. r square yang besar, rata-rata di atas 40-50%. Mohon bantuannya ka,akan sangat membantu.
    Terima kasih. Boleh tau alamat email Pak Slamet, kalau boleh saya kirim file data saya. Terimakasih Pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan penetapan variiabel dependen dan variabel kontrolnya yang kurang tetat

      Hapus
    2. Saya Faishal pak mau menanggapai, jadi sebenarnya dengan r Square kecil pun sebenarnya penelitian kita tidak dianggap salah bukan?

      Hapus
  9. Assalamualaikum saya ratih. saya mau tanya, bagaimana cara memperkecil atau memperbesar nilai koefisien pada uji r square. Terima kasih Pak.

    BalasHapus
  10. Pak bagaimana jika R square nya malah 1 ya pak? Apakah ada cara untuk menurunkan nilai R square itu tanpa mengubah variabel bebasnya? Trimaksih :)

    BalasHapus
  11. Assalmualaikum pak slamet, saya melakukan penelitian tentang pengaruh aksesibilitas terhadap harga lahan. Data saya jumlah N =65, dan X sebanyak 5. Sudah saya lakukan uji validitas dan reliabilitas, dari uji validitas lolos 4 variabel X, dari uji reliabilitas lolos dengan nilai cronbach's 0,606. Tp kenapa R square saya cuma 0,14 saja ya pak. Sekiranya apa yang salah dengan data saya?
    Mohon jawabannya pak, atau boleh saya minta email bapak. Email saya wahyudwi_93@yahoo.com

    BalasHapus
  12. pak saya ingin bertanya, saya mengambil judul pengaruh variabel umur perkawinan pertama, pendidikan perempuan, pendapatan perempuan, curahan jam kerja, dan jenis KB terhadap tingkat fertilitas.
    sampel saya ada 150, tapi kenapa R square nya hanya sekitar 25% ya pak. padahal peneliti yang lain bisa mencapai lebih dari 50%. mohon bantuannya pak. terimaksih

    BalasHapus
  13. pak saya ingin bertanya, saya mengambil judul pengaruh variabel umur perkawinan pertama, pendidikan perempuan, pendapatan perempuan, curahan jam kerja, dan jenis KB terhadap tingkat fertilitas.
    sampel saya ada 150, tapi kenapa R square nya hanya sekitar 25% ya pak. padahal peneliti yang lain bisa mencapai lebih dari 50%. mohon bantuannya pak. terimaksih

    BalasHapus
  14. Cara menaikan nalai uji R gimna..soalnya punya saya cuma 0.066% ..punya saya cuma 2 variabel...

    BalasHapus
  15. pak slamet, saya mau minta email bapak bisa kah ?
    saya juga ada permasalahan seperti teman-teman diatas. mohon bantuannya terimakasih

    BalasHapus

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

  ©REYOG CITY. Template by Dicas Blogger.

TOPO