DATA DESA/KELURAHAN DAMPINGAN APP TAHUN 2009

Kegiatan Musyawarah Desa/Kelurahan (Musdes/kel.) APP Tahun 2009 telah dilaksanakan pada bulan Juni 2009. Hasil dari Musdes/kel. tersebut adalah dikeluarkannya Surat Keputusan Kepala Desa/Kel. tentang Nama Pengurus dan Anggota Pokmas, kesepakatan dengan anggota tentang alokasi atau distribusi dana APP Tahun 2009 beserta besarnya bunga atau jasa pinjaman. Dengan dikeluarkannya SK dan hasil kesepakatan musdes/kel. tersebut, pengurus pokmas menyusun Rencana Usulan Kegiatan (RUK) dan Rencana Anggaran Belanja (RAB) yang merupakan persyaratan untuk pencairan dana APP Tahun 2009.
Gambaran secara ringkas dari 5 (lima) Desa/kelurahan yang didampingi adalah :

Kelurahan Ronowijayan Kecamatan Siman
Bidang yang dikembangkan adalah Pertanian. Nama Pokmas adalah Margo Mulyo, dengan Ketua : Wahyu Hidayat; Sekretaris : Jainul; Bendahara : Winarto; dan jumlah anggota sebanyak 34 orang. Dana APP akan dialokasikan pada pengadaan pupuk (Urea, SP, Ponska, ZA) dan dipinjamkan kepada anggota dengan bunga atau jasa pinjaman sebesar 1% per bulan. Hasil bunga atau jasa pinjaman tersebut akan digunakan sebagai tambahan modal sebesar 50%, biaya operasional sebesar 30%, dan dana lain-lain sebesar 20%.

Desa Beton Kecamatan Siman
Bidang yang dikembangkan adalah UMKM, yaitu usaha konveksi. Nama Pokmas adalah Anggrek, dengan Ketua : Nurul Hidayati; Sekretaris : Ika Rahmawati; Bendahara : Maryuningsih; dan jumlah anggota sebanyak 20 orang. Dana APP dialokasikan untuk pinjaman atau penambahan modal usaha konveksi dengan penetapan bunga atau jasa pinjaman sebesar 1% per bulan. Hasil bunga atau jasa pinjaman akan digunakan sebagai tambahan modal sebesar 50%, biaya operasional 10%, hr pengurus sebesar 15%, hr pengawas sebesar 10%, dana sosial 10%, dan dana lain-lain sebesar 5%.

Kelurahan Tonatan Kecamatan Ponorogo
Bidang yang dikembangkan adalah UMKM, yaitu usaha emping mlinjo. Nama Pokmas adalah Sido Mukti, dengan Ketua : Marning; Sekretaris : Sri Wahyuning P.; Bendahara : Hestik Nur Laili; dan jumlah anggota sebanyak 25 orang. Dana APP dialokasikan untuk pinjaman atau penambahan modal usaha emping mlinjo dengan penetapan bunga atau jasa pinjaman sebesar 1,5% per bulan. Hasil bunga atau jasa pinjaman akan digunakan sebagai tambahan modal sebesar 30%, jasa pengurus sebesar 50%, dan administrasi sebesar 20%.

Desa Tanjungsari Kecamatan Jenangan
Bidang yang dikembangkan adalah Kehutanan, yaitu pengembangan tanaman Porang. Nama Pokmas adalah Tanjung Gunung, dengan Ketua : Suyoso; Sekretaris : Drs. Zaenudin; Bendahara : Iman Muhadi; dan jumlah anggota sebanyak 30 orang. Dana APP dialokasikan untuk pengadaan bibit tananaman Porang dan pupuk, dengan penetapan bunga atau jasa pinjaman sebesar 1% per bulan. Swadaya masyarakat yang dikembangkan adalah pengadaan pupuk kandang, pembuatan lubang, pemasangan ajir, dan pembuatan papan nama. Hasil bunga atau jasa pinjaman akan digunakan sebagai tambahan modal sebesar 50%, dan biaya administrasi sebesar 50%.

Desa Semanding Kecamatan Jenangan
Bidang yang dikembangkan adalah Kehutanan, yaitu pengembangan tanaman Porang. Nama Pokmas adalah Maju Mulyo, dengan Ketua : Yoso; Sekretaris : Muksin; Bendahara : Hj. Nanik Priyanti; dan jumlah anggota sebanyak 50 orang. Dana APP dialokasikan untuk pengadaan bibit tananaman Porang dan pupuk, dengan penetapan bunga atau jasa pinjaman sebesar 1% per bulan. Swadaya masyarakat yang dikembangkan adalah pengadaan pupuk kandang, pembuatan lubang, pemasangan ajir, dan pembuatan papan nama. Hasil bunga atau jasa pinjaman akan digunakan sebagai tambahan modal sebesar 50%, dan biaya administrasi sebesar 50%.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Mei 2009)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: P2FE_UMP, Ponorogo (Oktober 2010)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit: Ardana Media Yogyakarta (Maret 2009)

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit : Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press, Maret 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit Univ. Muhammadiyah Ponorogo Press (Juli 2013

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

Penerbit UNMUH Ponorogo Press Bulan Juli 2015

  ©REYOG CITY. Template by Dicas Blogger.

TOPO